Minggu, 28 Juni 2015

virtual media content (VMC)

assalamulaykum sobat semua :) , apa kabarnya hari ini, semoga selalu dirahmati Allah SWT ya sobat :) .
kali ini saya akan sedikit bercerita tentang virtual media content (VMC) dan Augmented Reality (AR), yuk kita simak dibawah ini sobat :)

augmented reality adalah salah satu teknologi yang sedang berkembang saat ini, dimana kita bisa memunculkan berbagai macam karakter baik binatang atau apapun dalam bentuk 3D dan dapat dilihat seperti nyata dengan menggunakan aplikasi yang mendukung AR.

virtual media content adalah salah satu content yang di kembangkan oleh DPS NURUL FIKRI dalam pembelajaran dengan menggunakan augmented reality sebagai metode pembelajarannya.

dalam virtual media content atau biasa disebut VMC ini, dapat digunakan dalam beberapa pembelajaran khususnya untuk anak-anak SD atau SMP yang memang masih sangat senang belajar dan berimajinasi.

ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk pembuatan AR ini, dimana ada yang berbayar  dan ada juga yang tidak berbayar alias gratis, namun sebelumnya kita harus membuat design dari materi yang kita inginkan menggunakan aplikasi-aplikasi pembuat 3D seperti 3Ds Max atau google sketchup, hanya saja apabila ingin hasil dari 3D kita memiliki animasi nya saya sarankan menggunakan 3Ds Max saja :D.

pada pembuatannya, ada beberapa tahap untuk pembuatan VMC ini, yaitu
*pembuatan 3D,
*pembuatan animasinya (bila diperlukan)
*mengeksport file 3D dan animasi ke dalam format .mesh
*memasangkan 3D pada paddle agar bisa dimunculkan :)

mungkin hanya itu dulu sedikit perkenalan tentang VMC, insyaAllah nanti akan ada sedikit penjelasan tentang pembuatan VMC nya :D
untuk info tentang VMC lebih lanjut coba sobat cek di dps.nurulfikri.ac.id :D
semoga bermanfaat ya sobat semua wassalamualaykum :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar