Senin, 29 Juni 2015

Apa Yang Baru Di elementary OS Freya?

Setelah sukses dengan final release (stable) Luna, kini elementaryOS telah melangkah lebih jauh lagi dengan merilis versi stabil dari Freya (v0.3). Ada beberapa hal yang berubah di Freya yang merupakan perwujudan peningkatan dari versi sebelumnya, Luna (v0.2). Kenapa nomor versinya dimulai dari “0.x”? apa ini tidak stabil? tenang saja bung, karena website resminya sendiri sudah menyebutkan bahwa ini versi stabil.

Ini Dia Yang Baru Dari Freya

Para developer dari distro ini sangat takjub dengan versi yang baru selama ini. Daniel Fore mengatakan:
Freya is so freaking good and getting so much better that it makes Luna look like garbage.

I think it’s just as much better than Luna as Luna was better than Jupiter.
Luna memang lompatan yang besar dari Jupiter. Dan disempurnakan oleh hadirnya Freya
Tampilan desktop Freya
Tampilan desktop Freya

Untuk dekstop, Freya masih menggunakan Pantheon sebagai pion andalan untuk memanjakan mata para pengunanya. Namun, untuk Wing Panel dibuat untuk menyesuaikan transparansi. Saat jendela aplikasi yang sedang digunakan dimaksimalkan, maka Wing Panel akan berubah warna menjadi hitam secara otomatis. Selain itu, Slingshot yang menjadi launcher dari OS ini dibuat menjadi lebih intelligent dan efisien (lihat divideo). Misalnya kita mengetikkan operasi matematika seperti 100+80, maa akan muncul hasilnya yaitu 180 dengan ikon aplikasi kalkulator yang dapat diklik untuk membuka aplikasi tersebut.
Freya dilengkapi dengan kernel 3.13 dan sistem notifikasi yang baru. Misalnya saat anda selesai melakukan instalasi paket aplikasi menggunakan terminal, akan muncul notifikasinya. Bahkan dapat dikustomisasi. Lalu tampilan baru dari windows dan workspace switcher yang makin indah.
Freya juga dilengkapi dengan paket aplikasi default dengan versi terbaru seperti Files v0.2.0 (untuk pengelola berkas dan folder) Midori v0.5.9 (untuk peramban web), Terminal v0.3.1, Music v0.3.1, Audience v0.1 (untuk pemutar video), Software Center v13.10, Calendar v0.3 ada yang baru di Calendar ini, kita dapat mensingkronkannya dengan akun online seperti Google Calendar. Aplikasi lain seperti Simple Scan, Geary Mail, Document Viewer dan Scratch juga sudah diperbaharui.
Fitur tambahan lain antara lain lockscreen yang baru, wallpaper dan mendukung HiDPI. Kita juga dapat menambahkan akun online seperti Facebook, Google, dll.
Dengan munculnya Freya, versi terbaru dari elementaryOS, diharapkan dapat menambah kekuatan Linux diancah sistem operasi dunia.
elementaryOS Freya v0.3 dapat diunduh di website resmi eOS: http://www.elementary.io

disasur dari : http://www.linux.or.id/apa-yang-baru-di-elementary-os-freya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar